Saturday, April 29, 2017

WISATA KAYANGAN atau GUNUNG KAYANGAN KABUPATEN TANAH LAUT

Gunung Kayangan!...atau Wisata Kayangan merupakan salah satu wisata andalan Kabupaten Tanah Laut.

Terletak di wilayah Desa Ambungan, tepatnya di area perkebunan PTPN Nusantara 13 yang merupakan perkebunan sawit yang luas. Gunung kayangan sebenarnya bukanlah gunung, melainkan bukit. Namun oleh warga sekitar disebutnya gunung. Tingginya tidak terlalu tinggi sehingga jalur pendakiannya sangat mudah. Apalagi jalan menuju ke puncaknya sudah diaspal dan tanjakannya pun bisa dikatakan landai.

Berada dijalur Provinsi yang letaknya di apit oleh dua jalan utama sehingga memudahkan pengunung untuk langsung menuju ke tempat tersebut. Tidak jauh dari gunung kayangan juga ada Rest Area yang di sediakan Pemerintah.

Untuk menuju puncak Gunung Kayangan, para pengunjung di kenai biaya retribusi karcis sekitar Rp. 3.000,-/Orang. Di pincak gunung tersedia pendopo untuk beristirahat. Selain itu ada juga menara pandang yang berada di puncak pendopo tersebut. Dari atas menara teman-teman bisa mamandang lebih luas akan keindahannya. Pemandangan di sekitarnya dipenuhi hamparan perkebunan dan hutan. Di seberangnya, tampak puncak Gunung Keramaian yang berdiri kokoh. Udara di atas gunung cukup sejuk dan berangin, Termasuk di sekitar gunung ini.

Untuk bersantai dan makan teman-teman tidak perlu khawatir, ada lima warung kaki lima yang berjualan makanan dan minuman dengan harga murah yang buka tiap hari karena memang gunung kayangan ini tidak pernah sepi pengunjung. Tiap hari ada saja wisatawan yang kemari, hanya untuk bersantai menikmati keindahan alam sekitarnya.


Tempat ini tenang, cocok untuk melepas penat dari segala aktifitas kelelahan dan kebosanan, disuguhi pemandangan alam hijau Kabupaten Tanah Laut dari ketinggian. Jika teman-teman berkunjung pada sore hari, maka teman – teman bisa melihat air laut yang terkena pantulan cahaya matahari.

photo :http://aankada.blogspot.co.id

photo :http://aankada.blogspot.co.id

photo :http://aankada.blogspot.co.id


1 comment:

Popular Posts