Friday, April 14, 2017

PULAU BIRAH BIRAHAN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN

Hallo teman – teman jumpa lagi! gi mana kabarnya? Mudah-mudahan selalu sehat. Oke, Kali ini aku mau kasih informasi tempat wisata berikutnya yaitu Pulau Birah Birahan. Pulau Birah – Birahan terletak di Kotabaru perbatasan antara Kecamatan Pulau Laut dan Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau ini terbilang masih baru, tidak seperti saudaranya yang terbilang popular atau sudah terkenal di seluruh Indonesia Yaitu pulau samber gelap. Tetapi keduanya sama – sama sangat mempesona dan memberikan kesan kagum bagi siapa saja yang pernah berkunjung serta memiliki ciri khas masing – masing yang menjadi keunggulan.

Karena pulau birah birahan letaknya jauh di selatan kotabaru, tentu teman – teman yang ingin mengunjunginya akan memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Untuk mnuju kesana  hal pertama yang harus teman – teman tuju adalah dermaga kenyamukan. Dari darmaga inilah perjalanan dilanjutkan dengan menyewa perahu nelayan. Harga sewa kapal atau perahu berkisar antara Rp. 500.000,- – Rp. 800.000,-/perahu dengan maksimal di isi 25 orang.

Perjalanan dari dermaga nyamuk – nyamukan sampai Kepulau Birah Birahan Kabupaten Kotabaru membutuhkan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Jika Jika teman - teman beruntung, teman – teman akan menjumpai banyak kawanan lumba – lumba yang sedang menyeberangi lautan tersebut. 

Selain dari Dermaga nyamuk – nyamukan ada juga rute alternative yang bias di pilih untuk mencapai pulau birah birahan. yaitu melalui Teluk Tamiang, Pulau Sugi atau pun Desa lontar. Rute ini juga menggunakan Perahu atau kapal nelayan dengan jarak tempuh sekitar 2 – 3 jam saja, lebih capat jika dibandingkan lewat Dermaga tergantung, namun tergantung kecapatan kapal, arah angin dan ombak.

Untuk berkunjung Pulau Birah Birahan sebaiknya teman – teman melihat terlebih dahulu arah angin. Kenapa ? karena pada saat musim angina barat hamper 80% nelayan tidak akan mau mengantar dikarenakan gelombang laut sangat besar.

Salah satu kelebihan dan Keunikan pulau birah birahan kotabaru ini adalah banyaknya koral mati yang tersapu ombak sehingga membentuk pulau baru. Namun di sayangkan banyak koral mati sampa membentuk pulau seperti ini. Ada tiga zona pantai di pulau birah birahan yaitu Zona terumbu karang, Zona pantai tebing batu dan Zona pantai penuh ganggang.

Dari ketiga zona tersebut, teman – teman yang hobinya mancing bisa memilih zona pantai yang penuh dengan ganggang. Di sana terdapat banyak ikan yang beragam jenis. Zona Terumbu Karang bisa teman – teman gunakan untuk aktifitas snorkeling dan pastinya teman - teman gak akan nyesel. Tapi sayangnya temen – temen harus membawa peratan snorkling sendiri karena disini belum ada yang menyewakan peralatan tersebut.

Oke temen – temen ! ! ! Penasaran . . . langsung saja . . . go Pulau Birah  Birahan. 

sumber photo: http://paketwisatakalsel.blogspot.co.id

sumber photo: http://telapakkakimelengkung.blogspot.co.id/

sumber photo: http://telapakkakimelengkung.blogspot.co.id/

sumber photo: http://telapakkakimelengkung.blogspot.co.id/


No comments:

Post a Comment

Popular Posts