Sunday, April 16, 2017

BAMBU REFTING SUNGAI AMANDIT LOKSADO

Daerah pegunungan Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, menyimpan keindahan alam tersendiri. Wisata paling terkenal di sini adalah bamboo rafting atau menyusuri sungai dengan rakit bambu. Daerah ini dibelah oleh Sungai Amandit yang berair jernih dan tenang. Di sini banyak perkampungan tradisional suku Dayak. Daerahnya hijau dikelilingi banyak bukit dan hutan belantara. Pokoknya masih asli dan orisinil, Hawanya pun tergolong sejuk dan menyegarkan.

Beragam aktifitas warganya meliputi perkebunan, pertanian, bahkan Banyak warga setempat yang bermata pencarian menyewakan rakit-rakit bambu untuk para wisatawan yang hendak menyusuri sungai tersebut. Di kecamatan loksado terdapat  juga beberapa penginapan yang di sediakan, baik yang sederhana, penginapan yang permanen maupun penginapan dari kayu dengan fasilitas yang cukup bagus untuk ukuran pedesaan. Rata – rata kapasitas penginapan tiap satu kamar bisa di isi hingga enam orang. Fasilitasnya ada dua kasur besar ukuran nomor 1 dan kipas angin. Namun untuk keperluan sinyal HP di sini susah dan tak semua operator telepon selular sinyalnya bisa terdeteksi di daerah ini. Maklum di Loksado memang daerah dengan pegunungan yang berjejer, panjang dan sangat tinggi, serta rimbunnya pepohonan sehingga menyulitkan jangkauan pemancar.

Jarak tempuh untuk sampai ke loksado jika di hitung dari banjarmasin kurang lebih 4 hingga 5 jam perjalanan tergantung kecepatan berkendara. Menggunakan jalan poros lintas Kabupaten. untuk transportasi bisa menggunakan angkutan umum, sepeda motor atau pun mobil pribadi. ketika memasuki Kecamatan Loksado adrenalin kita mulai di pacu, karena perjalanan akan melalui jalanan yang menanjak, membelok, dan menukik. yang lebih seru lagi karena jalanan di loksado berada di tepi jurang yang sangat dalam. di butuhkan pengemudi yang terampil dan menguasai medan agar kemungkinan selamat sampai tujuan bisa terjamin aman. 

Menyusuri Sungai Amandit akan menyisakan kenangan indah tersendiri, membuat Anda ketagihan ingin ke sana untuk menaiki bamboo rafting lagi. Rakit-rakit bambu ini bisa dimuati oleh tiga hingga empat orang plus pengemudi rakitnya. Dijamin seru abis dah! Pokonya teman – teman yang ingin merasakan asyiknya berwisata ke loksado jangan tunggu lama. Langsung Go!

Satu rakit rata – tara di badrol harga sekitar Rp 250.000 - Rp 300.000, Anda sudah bisa sepuasnya menyusuri keindahan Sungai Amandit. Keseruannya terjadi saat bertemu arus yang agak deras atau hampir menabrak batu, akan menyisakan sensasi rasa tersendiri. Belum lagi basah-basahannya terkena air. Selain bambu Refting, ada banyak wisata yang tersedia seperti pemandian air panas tanuhi, air terjun haratai dll.


 
photo: www.mediacenterhss.com
photo:httpswww.indonesiakaya.com

photo: www.topindonesiaholidays.com

photo: www.topindonesiaholidays.com
photo: www.indonesiakaya.com

No comments:

Post a Comment

Popular Posts