Wednesday, March 29, 2017

DANAU CEMPAKA BANJARBARU



Sumber phoro : http://banjarmasin.tribunnews.com
Satu lagi tempat wisata yang berhubungan dengan bekas galian tambang Pasir, yang membentuk sebuah Danau Berwarna Biru. Masyakarakat menyebutnya Danau Cempaka. Dinamakan Danau Cempaka karna letaknya berada di Kecamatan Cempaka tepat nya di Desa Sungai Tiung Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Danau itu memiliki air tanah yang jernih dan berwarna biru kehijauan sehingga sering disebut warga dengan nama Danau Biru.

Danau Cempaka mulai ramai sejak ditemukan. Banyak warga yang memanfaatkannya untuk bersantai khususnya lagi mereka yang ingin berlibur di akhir pekan atau memang pada saat memasuki musim liburan. Kebanyakan pengunjungnya adalah kaum muda. Di sekeliling danau tersebut dipenuhi semak belukar dan hutan, tanahnya coklat kemerahan. Berhubung ini bekas pertambangan pasir, karenanya di tepinya banyak ditemui gundukan tanah tingi-tinggi seperti bekas galian.Walau begitu, pesona kejernihan airnya tetap menarik minat pelancong. Arus airnya tampak tenang. Kebanyakan pengunjung yang datang ke Danau Cempaka lebih kepada aktifitas photo grafi maupun photo selfi karena memang pemandangan Danau yang indah dan menawan.

Banyak pengunjung yang jika ditanya, kenapa Datang Ke Danau Cempaka ? mereka  bersemangat mengunjungi tempat ini karena sering penasaran mendengar cerita dari teman-temannya tentang pesona danau ini. Danau ini ramai diperbincangkan di media sosial para penjelajah alam di Kalimantan Selatan. Selain dengan fotografi, mereka juga mengabadikannya di akun media sosial masing-masing.

Untuk menuju Danau Cempaka, pengunjung tidak tidak usah kawatir karna lokasinya tak jauh dari pusat Kota Banjarbaru. Berkendara sebentar memasuki Jalan Mistar Cokrokusumo menuju ke Kecamatan Cempaka sekitar dua kilometer hingga bertemu jalan kecil memasuki Desa Sungai Tiung. Patokannya ada pelang bertulisan SDN Sungai Tiung 2, masuk saja ke situ. Di situ juga ada tempat wisata pendulangan intan Sungai Tiung di belakang perumahan warga, kalau ke danau ini terus saja berkendara ke dalam lagi sekitar 4-5 kilometer. Jalannya bagus, mulus beraspal walaupun sempit

Tunggu apa lagi teman – teman !!!! Ayo datang ke Danau Cempaka. Puaskan rasa penasaranmu

No comments:

Post a Comment

Popular Posts