Thursday, May 11, 2017

PULAU DATU KABUPATEN TANAH LAUT



Pulau Datu, pulau kecil yang berada di wilayah Pantai Batakan, tepatnya Desa Batakan kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Pulau ini di nakaman Pulau Datu karena di pulau tersebut terdapat makam seorang Alim Ulama yang dahulunya adalah penyebar Agama Islam khususnya di Desa Batakan yang dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan, karena dahulu beliau punya kegemaran menangkap burung dengan pulut (getah).

Jarak tempuh terdekat untuk bisa menuju pulau bisa di lakukan dari Desa Tanjung Dewa, kurang lebih 20 menit perjalanan. Posisi nya yang berada di tidak jauh dari tempat sandar perahu nelayan, menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik. 

Rute perjalanan yang bisa di tempuh dari kota Pelaihari ada 2 jalur. Yang pertama melalui jalur utama pantai Batakan dan yang kedua melalui jalur pantai Takisung. Jarak masing – masing jalur kurang lebih sama yaitu sekitar 40 km. Namun jika teman – teman melalui jalur Pantai Takisung, teman – teman akan menemukan perempatan sesudah pasar Gunung Makmur lalu ambil lajur kiri, disini teman – teman akan menyisir pinggiran pantai sejauh kurang lebih 20 km. Melewati dua buah Desa yaitu Desa Telaga Langsat dan Desa Kuala Tambangan.

Nanti teman –teman terlebih dahulu akan sampai di panai Batakan. Di pantai ini Terdapat banyak  cottage atau penginapan untuk bermalam, bisa juga berkemah dengan membawa perlengkapan sendiri. Dan kemudian  menyebrang ke Pulau Datu. Transportasi yang dapat di tempuh menuju Pulau Datu adalah dengan menyewa kapal nelayan yang telah di sediakan warga sekitar. Tidak terlalu mahal bagi anak – anak muda karena biasanya langsung di hitung borongan.

Di Pulau Datu teman – teman akan di sambut oleh dermaga yang terbuat dari kayu .Pintu gerbang bertuliskan Makam Datu Pamulutan. Pemandangan bebatuan, Landscape alam di sekitarnya sangat cantik. Hamparan perbukitan dan Pantai Tanjung Dewa di seberangnya, bebatuan besar, pepohonan nan asri, Deburan ombak di sela-sela bebatuan, membuat suasana makin mengasyikan. 

Salah satu objek menarik di Kalsel yang menawarkan dua jenis wisata, yakni wisata relijius dan wisata bahari yang mengesankan. Bagi fotograper, Pulau Datu adalah lokasi yang cocok untuk mengambil foto alam yang indah.

Photo :https://wisatakalimantan.wordpress.com


No comments:

Post a Comment

Popular Posts